Kamis, 17 April 2014
Home » Global, Terkini » 10 Pengusaha Terkaya Dalam Bisnis Dunia Fashion

10 Pengusaha Terkaya Dalam Bisnis Dunia Fashion

SPC, Jakarta Fashion, kini mungkin menjadi salah satu industri yang menawarkan sumber pundi-pundi kekayaan cukup menjanjikan. Buktinya, tak sedikit pengusaha berhasil menjadi miliarder dengan keuletan mereka menekuni dunia tata busana ini.

Tak cuma di bidangnya, status miliarder bahkan disandang berdampingan dengan pengusaha yang bergerak di bidang lain. Tak heran pula, tiap tahun jumlah pengusaha di bidang ini terus bertambah.

Mari tengok 10 miliarder yang dikenal paling kaya di dunia fashion, melansir laman the Richest, dikutip Minggu (4/8/2013):

1. Amancio Ortega

Kekayaan bersih: US$ 57 miliar per Maret 2013.
Produk : Zara

Saat berusia 77 tahun, miliarder busana asal Spanyol, Ortega menjabat sebagai Chairman Textile Empire Inditex. Dialah pria di belakang kesuksesan pengecer pakaian dan aksesoris terkenal Zara.

Ortega masuk dalam peringkat ketiga orang terkaya versi Majalah Forbes per Maret 2013, dengan kekayaan bersih mencapai US$57 miliar dan berdiri nomor satu sebagai miliarder terkaya di dunia fashion di 2013.

2. Bernard Arnault dan keluarga

Kekayaan bersih: US$ 29 miliar per Maret 2013
Produk : LVMH

Bernard Arnault Jean Etienne adalah tokoh bisnis Perancis dan pendiri kelompok LVMH yang dibentuk pada tahun 1987 dari penggabungan rumah mode Louis Vuitton dengan Moet Hennessy, produsen cognac.

Tahun ini, Arnault masuk posisi kesepuluh orang terkaya versi Forbes dengan kekayaan bersih mencapai $ 29 miliar.

Dia juga menguasai lebih dari 22% saham di Hermes dan pemegang saham utama dari Dior. Beberapa merek utama pesaingnya adalah: Gucci, Yves Saint Laurent, Stella McCartney, Sergio Rossi, Cartier, Van Cleef & Arpels.

3. Stefan Persson

Kekayaan bersih: US$ 28 miliar per Maret 2013
Produk : H & M

Persson adalah salah satu miliarder busana terkaya versi Forbes tahun ini. Pada Maret 2013, Persson memperoleh kekayaan bersih US$ 28 miliar, menempatkan dia pada posisi ke-12 miliarder terkaya di dunia dan nomor satu di Swedia.

Dia adalah ketua dan pemegang saham utama dari H & M (Hennes & Mauritz AB) yang berdiri pada 1947 oleh Erling Persson, sang ayah.

Toko H&M tersebar di seluruh dunia, seperti di Eropa, Asia, Amerika Utara dan Selatan, Timur Tengah dan Afrika Utara.

4. Miuccia Prada

Kekayaan bersih: US$ 12,4 miliar pada Maret 2013
Produk : Prada

Miuccia Prada Bianchi alias Prada, Miu Miu tercatat sebagai perancang busana Italia dan pebisnis wanita sukses. Dia berhasil masuk peringkat 78 miliarder versi Forbes 2013.

Dia juga merupakan salah satu dari 10 miliarder wanita tahun ini.

Prada dikenal bersahaja, minimalis, klasik, tenang, dan menikmati kemewahannya. Selebriti seperti Lindsay Lohan, Eva Longoria dan editor Vogue, Anna Wintour dikenal sebagai penggemar Prada.

5. Giorgio Armani

Kekayaan bersih: US$ 8,5 miliar Maret 2013
Produk : Armani Grup

Armani telah melek mode sejak awal 1950-an. Awalnya, dia menjadi penjaga jendela di sebuah department store di Milan dan kemudian menjadi penjual pakaian pria.

Pada tahun 1975 Giorgio Armani menciptakan Grup. Pada akhirnya di 2001, Armani disebut sebagai desainer paling sukses di Italia.

Dia adalah salah satu miliarder dan pemilik rumah mode terkaya versi Forbes tahun ini. Nilai kekayaan bersihnya mencapai US$ 8,5 miliar.

6. Alain & Gerard Wertheimer

Kekayaan bersih : US$ 8 miliar per Maret 2013
Produk : Chanel

Alain dan Bruder Gerard memiliki House of Chanel (dinamai setelah pasangan sebelumnya Gabrielle “Coco” Chanel). Sebuah merek fashion kelas tinggi yang diklasifikasikan pakaian siap pakai, barang-barang mewah dan aksesoris mode. Produk Chanel banyak dicontoh rumah mode, selebriti dan aktris, termasuk Marilyn Monroe yang terkenal.

7. Ralph Lauren

Kekayaan bersih: US$ 7 miliar per Maret 2013
Produk : Ralph Lauren

Ralph Lauren adalah perancang busana asal Amerika dan pengusaha yang memiliki sebuah perusahaan busana bernilai multi-miliar dolar yang mengglobal.

Dia juga seorang kolektor terkenal mobil langka dan mahal seperti Bugatti, Bentley, Alfa Romeo dan Ferrari. Awal tahun ini, dia tercatat pada daftar ke-166 miliarder terkaya di dunia versi Forbes, dan salah satu perancang mode terkaya di dunia.

8. Patrizio Bertelli

Kekayaan bersih: US$ 6,7 miliar per Maret 2013
Produk : Prada

Bertelli adalah CEO Prada SpA, sedangkan istrinya Miuccui Prada menjalankan bisnis desain mode global mereka. The Bertelli-Prada duo telah bekerja dengan baik dan cocok dalam dunia mode.

9. Renzo Rosso

Kekayaan bersih: US$ 3 miliar pada Maret 2013
Produk : Diesel

Rosso dimiliki Diesel SpA, sebuah perusahaan desain Italia terkenal karena busana siap pakainya. Pada tahun 1985 ketika ia pertama kali memiliki kontrol penuh atas Diesel, Rosso harus turun tangan langsung membuat produk denim ini memiliki tampilan model vintage.

Diesel berhasil meraup pendapatan hingga US$ 2 miliar pada 2012. Awal tahun ini kekayaan bersih Rosso naik menjadi US$ 3 miliar.

10. Nicolas Puech

Kekayaan bersih : US$ 2,1 miliar
Produk : Hermes

Nicolas Puech, keturunan dari Thierry Hermes produsen legendaris barang-barang berkualitas yang didirikan pada 1837.

Merek ini dikenal untuk bagasi dan tas hanya menggunakan kulit premium dari seluruh dunia buatan tangan mereka. Antara lain adalah aksesoris seperti syal dan siap pakai.

Merek ini dikenal untuk tas mahal. Logonya, sejak tahun 1950, adalah sebuah kereta Duc dengan kuda.(SPC/25/Liputan)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 204 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile