Sabtu, 2 Agustus 2014
Home » Global, Terkini » 10 Orang Terkaya yang Pernah Hidup di Dunia

10 Orang Terkaya yang Pernah Hidup di Dunia

SPC, Jakarta- Bill Gates dan Warren Buffet merupakan nama yang tak asing lagi karena tercatat di jajaran orang terkaya dunia saat ini. Namun dengan seluruh kekayaannya, tak berarti kedua orang ini merupakan orang-orang terkaya sepanjang sejarah dunia.

Seperti dilansir dari The Richest, Sabtu (13/7/2013), meski dianggap sebagai orang terkaya saat ini, jumlah hartanya ternyata belum seberapa dibanding sejarah kekayaan terbesar yang pernah ada di dunia. Jika disesuaikan dengan nilai mata uang saat ini, orang terkaya dunia sepanjang masa bahkan diketahui memiliki aset hingga ribuan triliun.

Lengkapnya, berikut 10 orang terkaya sepanjang masa beserta jumlah kekayaannya:
1. Mansa Musa I – US$ 400 miliar (Rp 3.996,4 triliun)

Raja dari segala raja Mansa Musa I menjadi orang terkaya sepanjang masa hingga saat ini. Kekayaannya mencapai sekitar US$ 400 miliar. Pemimpin kerajaan Malian (Malian Empire) ini memperoleh kekayaannya dari produksi garam dan emas. Hasil produksinya tersebut terhitung lebih dari 50% pasokan dunia.

2. The Rothschild Family – $350 miliar (Rp 3.496,8 triliun)

Keluarga ini mendirikan sebuah dinasti perbankan pada tahun 1970-an. Kesuksesannya melebihi keluarga-keluarga paling luar biasa di jamannya, seperti Berenberg dan Baring.

Hingga saat ini Rotschild Family masih menjadi yang terkaya di dunia. Total asetnya mencapai US$ 350 miliar. Banyak yang meyakini bahwa keluarga ini mengendalikan bisnis perbankan dan real estate senilai US$ 1 triliun.

3. John D. Rockefeller – US$ 340 miliar (Rp 3.396,9 triliun)

Pria dengan nama lengkap John Davison Rockefeller ini terlahir sebagai pengusaha dan industrialis. Dia mendirikan Standard Oil Company yang memimpin industri minyak saat ini.

Rockefeller sendiri terkenal sebagai perintis revolusi industri minyak. Total asetnya berharga US$ 340 miliar disesuaikan dengan nilai inflasi saat ini. Dia merupakan orang terkaya di Amerika hingga ini.Selain itu, dia juga menjadi orang pertama AS yang pendapatannya lebih dari US$ 1 miliar.
4. Andrew Carnegie – US$ 310 miliar (Rp 3.097,3 triliun)

Lahir pada 1835, Andrew Carnegie merupakan seorang pebisnis yang memainkan peranan besar dalam perluasan dan pertumbuhan pasar baja dan industri Amerika. Di masanya, pria keturunan campuran Skotlandia-AS ini menjadi pengusaha ternama.

Pada 1960-an dia mulai berinvestasi di pembuatan jalan dan jembatan. Kekayaannya mencapai sekitar US$ 310 miliar.

5. Tsar Nicholas II – US$ 300 miliar (Rp 2.997,3 triliun)

Melanjutkan kekuasaan ayahnya, Tsar Nicholas II mewarisi kekuatan Alexander III. Saat ini Nicholas berusia 26 tahun. Dia berkuasa selama 20 tahun. Dikenal sebagai raja terakhir, asetnya bernilai US$ 300 miliar.

6. Osman Ali Khan, Asaff Jah VII – US$ 236 miliar (Rp 2.357,8 triliun)

Pemimpin terakhir negara kerajaan Hyderabad dan Berar ini menguasai Hyderabad selama lebih dari 37 tahun. Kekuasaannya berakhir saat Hyderabad menjadi bagian dari India.

Semasa hidupnya, Osman pernah merebut gelar pria terkaya dunia. Dia memiliki koleksi emas seharga US$ 100 juta. Tak hanya itu, perhiasannya bahkan berharga US$ 400 juta. Namun seluruh kekayaannya dikabarkan mencapai total US$ 236 miliar.
7. William the Conqueror – US$ 229,5 miliar (Rp 2.292,9 triliun)

Terkenal dengan sebutan William I dan `William the Bastard` dia menjadi Raja Norman Inggris yang pertama. Dia juga dikabarkan berhasil mengalahkan para pembajak Viking.

Dia menjadi raja selama 20 tahun dari 1066 sampai kematiannya pada 1087. Dia mengumpulkan kekayaannya dari menjarah dan menduduki kerajaan lain. Disesuaikan dengan nilai mata uang saat ini, kekayaannya mencapai US$ 229,5 miliar.

8. Muammar Gaddafi – US$ 200 miliar (Rp 1.998,2 triliun)
Politisi dan revolusionis Colonel Gaddafi memimpin Libia selama lebih dari 40 tahun. Saat wafat, Gaddafi meninggalkan harga yang bernilai US$ 200 miliar.
9. Henry Ford – US$ 199 miliar (Rp 1.988,2 triliun)

Pria yang lahir di Michigan, AS ini merupakan seorang industrialis yang mendirikan Forn Motor Company. Dia bertanggung jawab mengembangkan, memproduksi dan berhasil menciptakan kendaraan yang harganya terjangkau kelas menengah.Dia memperkenalkan berbagai model kendaraan baru. Setelah kematiannya, sebesar US$ 199 miliar terhitung sebagai harta yang dimilikinya.

10. Cornelius Vanderbilt – US$ 185 miliar (Rp 1.848,3 triliun)

Dikenal juga sebagai Commodore, pria ini berhasil mengembangkan usahanya dan menjadi industrialis. Dia merupakan anggota dari keluarga Vanderbilt, yang terkaya sepanjang sejarah AS.

Sebagai warga AS ketiga terkaya sepanjang masa, asetnya telah menembus US$ 185 miliar. Kekayaannya datang dari berbagai sumber baik dari kapal laut maupun perahu biasa. Dia dikabarkan bertambah kaya setelah berinvestasi di bidang pembangunan jalan. (SPC/25/Detik)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile