Rabu, 16 April 2014
Home » Pilihan, Terkini » CT: Ekonomi Berbasis Sumber Daya Alam Harus Ditinggalkan

CT: Ekonomi Berbasis Sumber Daya Alam Harus Ditinggalkan

Foto: Chairul Tanjung (bisnis)

SPC, Jakarta - Sudah seharusnya Indonesia melakukan lompatan perekonomian. Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung mengusulkan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan teknologi adalah modalnya. 

Pria yang akrab disapa CT itu mengatakan, rakyat Indonesia sudah terlalu lama dibuai oleh kekayaan Sumber Daya Alam (SDA).

“Kita tinggalkan ekonomi berbasis sumber daya alam. Kekayaan alam dan sebagainya, kita dininabobokkan dengan keadaan itu,” kata Chairul Tanjung , seperti dikutip, Kamis (13/6/2013).

Ia mengatakan, rakyat Indonesia harus melakukan lompatan perekonomian berbasis produktivitas yang didukung oleh SDM berkualitas dan teknologi.

“Bukan lagi perekonomian berbasis buruh murah dan sumber daya alam,” tutur CT.

Yang harus dibangun yakni infrastruktur fisik dan infrastruktur non fisik. Bahwa modal utama yakni manusia yang harus diperbaiki kualitas life cycle, pendidikan dan kesehatan, serta modal teknologi.

“Kita buat SDM yang berkualitas,” kata CT lagi.

Ekonomi yang masih berbasis SDA dianggap membutuhkan energi terlalu besar. Dengan membangun SDM dan penggunaan teknologi, kemungkinan besar Indonesia semakin dekat menuju pentas dunia.

“Dengan begitu, Indonesia menjadi negara maju, rakyat seluruhnya sejahtera,” tambah CT.

Di hadapan ratusan peserta kuliah umum yang berasal dari mahasiswa S1, S2 dan umum ini CT juga menuturkan bahwa dia bangga atas kerja keras para akademisi Unair.

“Saya bangga atas temuan-temuan Unair. Katanya ada mahasiswa yang melakukan temuan obat anti hamil untuk laki-laki,” cetus CT yang disambut tawa riuh peserta.

Temuan yang dimaksud CT yakni obat yang membuat laki-laki masuk dalam kondisi mandul sesaat sehingga tidak bisa menghamili wanita. Obat ini konon tidak memilik efek samping.

“Nanti kalau ada kesempatan, saya ingin lihat hasil temuan Unair itu,” pungkas dia. (SPC/25/Detik)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 204 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile