Sabtu, 30 Agustus 2014
Home » Global, Terkini » Pengusaha Perakit Produk Apple Jadi Orang Terkaya Nomor 4 di Taiwan

Pengusaha Perakit Produk Apple Jadi Orang Terkaya Nomor 4 di Taiwan

SPC, Jakarta - Produk Apple diciptakan oleh Steve Job dari AS. Namun, produksi massal produk-produk Apple dilakukan di Taiwan oleh sebuah perusahaan bernama Foxconn yang namanya sudah cukup dikenal di dunia industri teknologi.

Melonjaknya penjualan Apple, membuat bisnis Foxconn juga ikut moncer. Sang pemilik perusahaan inipun menjadi orang terkaya nomor 4 di Taiwan dengan kekayaan US$ 4,6 miliar atau sekitar Rp 45 triliun.

Dikutip dari Forbes, Jumat (31/5/2013), pemilik Foxconn yang menjadi salah satu orang terkaya itu adalah Terry Gou. Lewat perusahaannya yaitu Hon Hai Precision yang dikenal dengan nama Foxconn, bisnis Terry tidak selalu mulus.

Pada 2011, Foxconn sempat dihantam oleh kabar kekerasan dan perlakuan yang tidak manusiawi terhadap pegawainya, sampai timbulnya tindakan bunuh diri oleh pegawai yang tidak kuat dengan perlakuan kerja di perusahaan tersebut.

Namun dalam setahun, kabar tersebut mereda, dan penjualan serta keuntungan Foxconn meningkat. Perusahaan ini sekarang mempekerjakan 1,3 juta pegawai. Pada Desember 2012, Hon Hai membeli 9% saham di perusahaan produsen kamera video yaitu GoPro.

Bisnis Foxconn akan meluas sampai ke Indonesia. Rencananya perusahaan ini akan menggandeng Agung Sedayu Group untuk masuk ke Indonesia dan membangun pabrik pembuatan HP atau ponsel tahun ini juga. (SPC/25/Detik)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 200 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile