Sabtu, 26 Juli 2014
Home » Pilihan, Terkini » Harga Emas Jatuh di Tengah Ketidakpastian Global

Harga Emas Jatuh di Tengah Ketidakpastian Global

Foto: Emas Salah Satu Lambang Kekayaan (ist)

SPC, Jakarta - Emas yang dianggap sebagai aset teraman perlahan mulai terpatahkan. Hal itu disebabkan, selama beberapa pekan terakhir harga emas di seluruh dunia mengalami penurunan signifikan. Bahkan, harga penurunannya lebih parah dibandingkan dalam 30 tahun terakhir. 

Para investor emas bisa berkata apa pun terhadap fenomena ini. Penurunan harga emas ini hanya sebuah koreksi biasa atau bisa jadi merupakan konspirasi dari sebuah lembaga. Namun, satu hal yang tidak bisa mereka katakan: emas adalah aset yang aman (safe haven).

“Ini menarik, bagaimanapun bahwa harga emas saat ini sudah jatuh seperti sebuah batu—atau bata emas—di tengah ketidakpastian ekonomi global,” kata ekonom dan pengamat emas Gary Shilling, seperti dikutip, Rabu (16/4/2013).

Bahkan, dalam satu sesi perdagangan, harga emas bisa merosot hingga 200 dollar AS per ounce. “Dalam empat dekade terakhir perdagangan emas, kita belum pernah menyaksikan harga emas seperti dalam dua sesi perdagangan lalu,” ucap Dennis Gartman, pendiri The Gartman Letter.

Ia memperingatkan bahwa status emas sebagai aset yang aman. “Seharusnya, safe haven aman. Safe haven stabil. Ternyata emas itu tidak aman dan harganya tidak stabil,” kata Gartman. (SPC/25/Tribunews)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 199 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile