Rabu, 23 April 2014
Home » Hotnews, Suara Pemerintah, Terkini » Dahlan: Merpati Sulit Cari Jalan

Dahlan: Merpati Sulit Cari Jalan

Pesawat Merpati (Foto: IST)

SPC, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan lebih memilih menerima usulan untuk mengentaskan utang maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines yang mencapai Rp 6 triliun. 

Ini dibandingkan pilihan membubarkan Merpati yang merupakan jalan terakhir.

Dahlan mengakui jika kesulitan untuk mencari cara mengentaskan utang-utang maskapai penerbangan pelat merah tersebut. Sebab itu, dia pun bersedia menerima beberapa usulan terkait penghilangan utang Merpati.

“Merpati kemarin saya sampaikan, Merpati sulit cari jalan,” kata Dahlan, seperti dikutip, Selasa (9/4/2013).

Sementara terkait usulan menggabungkan Merpati dengan Garuda, menurut dia bukan langkah tepat karena akan memberatkan Garuda yang harus menanggung utang yang sedemikian besar.

Selain penggabungan, Dahlan juga menerima usulan agar utang-utang Merpati diubah menjadi saham. Namun hal tersebut harus terlebih dulu dirumuskan dalam rapat pimpinan yang rencananya berlangsung pada hari ini.

Dia mengaku telah meminta bawahannya untuk menyiapkan rumusan skema saham Merpati tersebut. Ini dilakukan jika memang ada pilihan ke arah itu dan mendapatkan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Menteri Keuangan.

Barulah, lanjut dia, jika semua jalan penyelamatan Merpati yang ditempuh tidak berhasil maka pilihan terakhir adalah membubarkan Merpati.

“Yang jelas kalau di bawah Garuda tidak, atau memang kira-kira DPR tidak menyetujui memungkinkan mencari jalan lain. Kira-kira kalau nggak ada persetujuan DPR berarti Merpati harus berakhir. Tinggal cara berakhirnya saja bagaimana, tapi ini masih seandainya,” pungkas Dahlan. (SPC/25/Liputan6)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 204 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile