Rabu, 23 Juli 2014
Home » Hotnews, Pilihan, Suara Pemerintah, Terkini » Ini Daftar Provinsi yang Berikan Pelayanan Publik Terbaik

Ini Daftar Provinsi yang Berikan Pelayanan Publik Terbaik

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PLTP) (Foto: IST)

SPC, Jakarta - Pemerintah memberikan penghargaan kepada setiap provinsi yang memberikan pelayanan publik paling baik. Provinsi Jawa Timur kembali berjaya dengan menempati peringkat pertama dalam kinerja pelayanan publik. Sedangkan posisi kedua ditempati Provinsi Jawa Tengah dari seluruh 33 provinsi yang dinilai. 

Kedua Pemerintah Provinsi tersebut memperoleh nilai B, dan diberikan penghargaan berupa thropy.

“Pemeringkatan kinerja pelayanan publik untuk provinsi ini baru pertama kali dilakukan. Peringkat ini kita buka di media, agar masyarakat mengetahui,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, seperti dikutip, Senin (1/4/2013).

Penilaian dilakukan terhadap dua indikator, yakni implementasi UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik, dan indikator kinerja penunjang dan hasil kerja. Kedua indikator ini mempunyai bobot 60 persen, sedangkan kinerja dari 5 unit pelayanan publik diberi bobot 40 persen.

Kelima unit pelayanan itu meliputi rumah sakit umum daerah, pelayanan terpadu satu pintu, pelayanan informasi, unit pelayanan pilihan I dan unit pelayanan pilihan II. Dari hasil evaluasi, Jawa Timur mendapat nilai A untuk UPT pelayanan perijinan terpadu (P2T), Dinas Komunikasi dan Informatika mendapat nilai C, Nilai A untuk Dinas Koperasi dan UMIKM, dan Nilai B untuk Samsat.

Sedangkan 5 unit pelayanan publik Provinsi Jawa Tengah, Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) mendapat nilai C, Dinas Perhubungan, komunikasi dan Informatika meraih nilai CC, Balai Proteksi Tanaman Perkebunan mendapat nilai A, dan Samsat (UP3AD) Pekalongan meraih nilai A.

Selain penghargaan tersebut, Menteri PAN RB yang didampingi Wamen PANRB Eko Prasojo dan Deputi Pelayanan Publik Wiharto juga menyerahkan penghargaan piala Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) kepada 6 bupati dan walikota, serta piagam kepada 7 bupati/walikota.

 

Jawa Timur – Nilai 695 – Kategori B
Jawa Tengah – Nilai 670 – Kategori B
Jawa Barat – Nilai 627 – Kategori CC
DI Yogyakarta – Nilai 567 – Kategori CC
Kalimantan Timur – Nilai 558 – Kategori – CC
Lampung – Nilai 549 – Kategori – CC
DKI Jakarta – Nilai 545 – Kategori CC
Bali – Nilai 543 – Kategori CC
Banten – Nilai 539 – Kategori CC
Sulawesi Utara – Nilai 532 – Kategori CC

 

(SPC/25/Detik)

Berita Terkait

  • Belum ada berita terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 199 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile