Kamis, 30 Oktober 2014
Home » Asosiasi Bisnis, Pilihan, Terkini » Asosiasi Pedagang Daging Desak Pemerintah Hentikan Sapi Impor Beku

Asosiasi Pedagang Daging Desak Pemerintah Hentikan Sapi Impor Beku

Foto: daging sapi (ist)

SPC, Soreang – Asosiasi Pedagang Daging Sapi (Apdasi) Kabupaten Bandung menuntut pemerintah pusat menghentikan sapi impor beku ke Indonesia.

Tuntutan itu disampaikan langsung oleh Apdasi ke Komisi IV DPR di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ketua Apdasi Kabupaten Bandung Yayat Sumirat mengatakan pada tahun ini pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan mengimpor daging beku sebesar 80 ribu ton.

“Kami minta pemerintah paling tidak kebijakan itu bisa dihentikan atau dikurangi karena berimbas bagi pedagang atau peternak,” katanya, seperti dikutip, Senin (18/2/2013).

Yayat mengatakan daging impor sapi beku dijual murah berkisar Rp58.000 per kilgoram hingga Rp65.000 per kilogram. Daging sapi itu, katanya, rerata dipasok ke rumah makan dan hotel.

Dia mengatakan jika pemerintah ingin melindungi peternak lokal harusnya impor daging beku dikurangi.

“Kami meminta pemerintah untuk tiga bulan ke depan impor sapi hidup ditambah agar imbasnya tidak merugikan pedagang dan peternak,” ujar Yayat.

Yayat menjelaskan pasokan sapi potong dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) masih berusia muda dan dapat dipotong tiga bulan ke depan.

“Jika kran impor sapi hidup diperbesar maka harga daging sapi kembali normal pada kisaran Rp70.000 per kilogram hingga Rp75.000 per kilogram,” jelasnya. (SPC-20/bisnis-jabar)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 207 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile