Senin, 24 November 2014
Home » Pilihan, Terkini » Pengusaha Taiwan Protes Tudingan Dumping Pemerintah Indonesia

Pengusaha Taiwan Protes Tudingan Dumping Pemerintah Indonesia

SPC, Jakarta -  Asosiasi Besi dan Baja Taiwan (TSIIA) memprotes keputusan pemerintah Indonesia yang menuduh eksportir Taiwan melakukan dumping dan berencana menerapkan bea anti dumping bagi produk baja asal Taiwan. 

Seperti yang dikutip Chinapost.com, Senin (11/2/2013), Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) akan menaikkan bea anti dumping bagi baja asal Taiwan, dari 0% menjadi 14,69% untuk komoditas gulungan baja lembaran panas (hot rolled coil) pada Maret 2013. Semua eksportir baja Taiwan akan dikenai kebijakan ini, tak terkecuali yang bersertifikat.

Kepala KADI Bachrul Chairi menegaskan komoditas tersebut saat ini dijual dengan harga lebih rendah dari biaya produksi dan harga pasar sehingga menekan industri lokal.

“Kami sudah menyimpulkan, produk dari 5 negara masih beredar di sini dengan harga jauh lebih murah. Jika ini dibiarkan, tentu akan menyakiti industri dalam negeri,” kata Bachrul.

Sejak April 2012, TSIIA sudah menyadari Pemerintah Indonesia melakukan penyelidikan dugaan dumping. Namun yang mereka sayangkan adalah tidak ada dengar pendapat dan kesempatan bagi eskportir Taiwan untuk melakukan pembelaan.

Mereka juga menilai pemerintah Indonesia telah melakukan pelanggaran aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). (SPC/25/Tribunews)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 208 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile