Senin, 24 November 2014
Home » Pilihan, Suara Buruh, Terkini » Said Iqbal: Upah Minimum Naik 40% di 2013 Tidak Ada Artinya

Said Iqbal: Upah Minimum Naik 40% di 2013 Tidak Ada Artinya

Foto: Said Iqbal, Presiden KSPI (rri)

SPC, Jakarta – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan jika setiap tahun upah minimum naik, diikuti dengan kenaikan harga di sektor lain yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari maka pekerja/buruh tetap tidak merasakan standar upah minimum.

“Upaya pemerintah yang katanya memperbaiki daya beli dan kesejahteraan pekerja/buruh tidak ada artinya jika ternyata tarif listrik naik, harga kebutuhan pokok naik, belum lagi jika ada kenaikan hartga BBM,” kata Said, Senin (7/1/2013).

Untuk itu, lanjutnya, kalangan pekerja/buruh tetap mendesak adanya kenaikan secara bertahap untuk upah minimum setiap tahun 30% sampai dengan tiga tahun mendatang hingga mencapai 100% pada 2015.

Dia menjelaskan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2013 yang mencapai 30% sampai dengan 40% harus dilanjutkan dengan kenaikan UMP 2014 dan pada 2015, karena kenaikan upah beberapa tahun lalu tidak sebanding dengan tingkat inflasi.

“Silahkan pengusaha dan pemerintah menghitung, kenaikan upah minimum yang riil diterima pekerja/buruh selama bertahun-tahun tidak lebih dari antara Rp27.000 hingga Rp30.000 per bulan,” tuturnya.

Akibatnya, dia menambahkan meski nominal upah pekerja/buruh naik secara nilai, tapi daya beli tetap mengalami penurunan dan berlangsung selama bertahun-tahun.

Bahkan, data International Labour Organization (ILO) pada awal 2012 tentang tingkat kebutuhan hidup menyatakan kenaikan rata-rata upah di Indonesia hingga 2012 hanya 4% dan ini tidak sebanding dengan inflasi konsumsi sebesar 15%.

Dia menegaskan apabila pemerintah dan kalangan pengusaha tidak mendengarkan keluhan pekerja/buruh maka jalan satu-satunya bagi pekerja/buruh adalah berunjuk rasa menyampaikan aspirasinya.  (SPC-20/bisnis-kti)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 208 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile