Ahad, 23 November 2014
Home » Pilihan, Suara Buruh, Terkini » Demo Buruh Sumut Hari Ini Ancam Lumpuhkan Tiga Lokasi

Demo Buruh Sumut Hari Ini Ancam Lumpuhkan Tiga Lokasi

Aksi buruh di pintu Tol Tanjuung Morawa (Foto: IST)

SPC, Medan – Aksi demo ribuan buruh di Sumatera Utara (Sumut) hari ini dipastikan bakal mengganggu aktivitas di sejumlah sentara produksi dan ekonomi di daerah itu. pasalnya, para buruh memang akan memfokuskan aksinya di tiga kawasan itu.

Ketiga sentra produksi dan ekonomi yang akan ditutup massa aksi, antara lain KIM Star Jalan Tol Tanjung Morawa (Tamora) sekitarnya, Sunggal simpang Kompos sekitarnya dan Kim Mabar Pelabuhan Belawan sekitarnya.

Hal itu juga dibenarkan Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) 1992, Pahala Napitupulu, dikutip Senin (10/12/2012).

Pahala bahkan menyatakan, massa yang akan turut ambil bagian dalam aksi tersebut mencapai 17 ribu orang.  “Sekitar 17 ribu dari berbagai elemen, dan pukul 09.00 WIB sudah mulai turun aksi,” ungkap Pahala.

Untuk pergerakan ke Kantor Gubsu, Pahala menyatakan, hal itu tentatif dengan melihat perkembangan dari Pemprovsu, khususnya Plt Gubsu apakah akan menyetujui tuntutan atau tidak.

Kemudian, aksi massa yang tersebar di tiga titik di luar Kota Medan, menurutnya, juga mengantisipasi adanya kerusuhan yang mungkin timbul dari aksi tersebut.

“Lihat perkembangan, jika tidak ada perkembangan dari Plt Gubsu, maka massa bisa menuju ke Kantor Gubsu. Kemudian, aksi yang ada dan dilakukan di pinggir-pinggir kota, biar ada kerjaan bagi petugas polisi. Dan itu karena massa juga sudah pakai emosi, jadi dikhawatirkan terjadi kerusuhan, lempar-lemparan dan sebagainya,” cetusnya.

Pahala sendiri mengaku, atas emosi para buruh itu, dirinya tidak akan terjun ke lapangan dan lebih memilih ke luar kota. “Besok (hari ini, Red) saya tidak ikut, dan saya ke luar kota. Sudah pakai emosi mereka (buruh, Red). Nanti jadi saya yang dibilang tidak mampu menghandlenya,” ucapnya lagi. (SPC-15/Sumutpos)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 208 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile