Rabu, 30 Juli 2014
Home » Bisnis Daerah, Pilihan, Terkini » Peluang Usaha, Kondisi Jambi Masih Sehat untuk Investasi Hotel

Peluang Usaha, Kondisi Jambi Masih Sehat untuk Investasi Hotel

Foto: ilustrasi Hotel dan apartemen (viva)

SPC, Jambi – Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jambi menyampaikan industri perhotelan di Jambi pada tahun 2012 mengalami peningkatan. Tak hanya dalam jumlah, tapi juga dengan tingkat kunjungannya.

PHRI juga menilai, Kota Jambi utamanya masih memiliki iklim investasi yang sehat di sektor ini. Ketua PHRI Jambi, Arkani Hilmie mengatakan, jumlah hotel bintang plus non bintang di kota Jambi saat ini sekitar 79 hotel. Okupansi hotel rata-rata kisaran 50 sampai 65 persen.

“Kondisi saat ini di Kota Jambi masih cukup sehat untuk investasi hotel,” timpal Haris, Sekretaris PHRI Jambi.

Membaiknya pertumbuhan perhotelan terkonfirmasi dari data Badan Pusat Statisik (BPS) Provinsi Jambi.  Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang pada September 2012 sebesar 53 persen, atau naik 10,19 poin dibanding TPK Agustus 2012.

Jumlah tamu menginap pada hotel berbintang pada September sebanyak 17.479 orang, sedangkan pada Agustus tercatat sebanyak 13.633 atau terjadi kenaikan sebesar 28,21 persen.

Arkani menyebutkan jumlah hotel akan terus bertambah. Kini, setidaknya dua hotel dalam proses pembangunan. Ada pula hotel yang akan di upgrade ke hotel berbintang.

“Artinya ada pembangunan kembali atau rekontsruksi,” ucapnya.  PHRI mencatat tahun ini di Kota Jambi ada penambahan 3 hotel.

Dia menyampaikan dalam industri perhotelan, semakin banyak hotel yang repesentatif akan semakin banyak kegiatan tingkat nasional yang bisa dilakukan di daerah tersebut, termasuk Jambi. “Karena acuannya tingkat nasional event-event bisa dilaksanakan mengacu kepada kesiapan tuan rumah, jadi kalau dilihat rasionya cukup apa tidak hotel di Jambi,” katanya. (SPC-20/tn)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 199 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile