Selasa, 23 September 2014
Home » Pilihan, Suara Buruh, Terkini » Buruh Tuntut KHL Setara Jakarta, Pembahasan Upah Minimum Bekasi Masih Alot

Buruh Tuntut KHL Setara Jakarta, Pembahasan Upah Minimum Bekasi Masih Alot

SPC, Bekasi –  Hingga Rabu (7/11/2012), pembahasan upah mininum 2013 di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi belum selesai. Padahal, upah minimum harus ditetapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan paling lambat pada 20 November 2012.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Bekasi Purnomo Narmiadi mengatakan, upah minimum belum ditetapkan. Bahkan, nilai kebutuhan hidup layak (KHL) juga masih dibahas.

Sekadar catatan, upah minimum di Kota Bekasi pada 2012 senilai Rp 1,422 juta dengan KHL senilai Rp 1,351 juta.

Ketua Apindo Kabupaten Bekasi Darwoto mengatakan, upah minimum juga masih dibahas. Namun, KHL sudah ditetapkan Rp 1,643 juta. Nilai KHL ini lebih tinggi dari penetapan 2012 yang Rp 1,356 juta. Pada 2012, upah minimum Kabupaten Bekasi senilai Rp 1,491.

Apindo mengharapkan, pembahasan upah minimum dengan buruh tidak akan sealot atau sekeras tahun lalu yang diwarnai unjuk rasa. Apindo berharap tuntutan buruh tentang upah minimum bisa diterima secara rasional.

Koordinator Buruh Bekasi Bergerak Obon Tabroni mengatakan, pembahasan upah minimum memang masih alot.

“Upah masih terus dibahas dan saya yakin tidak akan terlambat. Ada kemajuan di Kabupaten Bekasi yang sudah menetapkan KHL,” katanya.

Obon mengatakan cukup kecewa karena KHL di Kabupaten Bekasi masih jauh di bawah KHL DKI Jakarta yang Rp 1,978 juta. Idealnya, sebagai kawasan industri manufaktur terbesar, KHL di Kabupaten Bekasi setara atau lebih tinggi daripada Ibu Kota.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal mengatakan akan menagih janji pemerintah pusat yang menghendaki kenaikan upah minimum tahun depan signifikan daripada tahun sebelumnya. Buruh mendorong upah minimum 150 persen lebih tinggi daripada KHL.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat berkunjung di Kota Bekasi mengatakan belum bisa menetapkan upah minimum regional (provinsi).

“Prosesnya berbeda dengan Jakarta. Di sini, upah ditetapkan dulu di tingkat kabupaten dan kota baru kemudian diperkuat dengan keputusan gubernur,” katanya.

Ahmad mengatakan telah mendorong 26 kabupaten dan kota di Jabar untuk segera menyelesaikan pembahasan KHL dan upah minimum.

“Sebagai gubernur saya ingin merangkul kepentingan pengusaha dan pekerja. Kami ingin situasi kondusif,” katanya. (SPC-15/Kompas)

 

Berita Terkait

1 Comment for “Buruh Tuntut KHL Setara Jakarta, Pembahasan Upah Minimum Bekasi Masih Alot”

  1. WAJIB BACA…….!!!!!!!
    Sekarang, apakah Anda adalah satu dari sekian orang yang punya masalah dengan pemakaian kartu kredit? Untuk mengetahuinya, lihat apakah salah satu kondisi dibawah ini mirip dengan keadaan Anda sekarang:
    • Hanya membayar jumlah minimum dari tagihan kartu kredit setiap bulan dan hutang tidak pernah berkurang dan tidak lunas-lunas selama bertahun-tahun?
    • Membayar tagihan kartu kredit dengan menggesek kartu kredit yang lain dan jumlah tagihan makin membengkak?
    • Merasa putus asa dengan hutang kartu kredit anda dan mulai mendapat teror-teror dari pihak bank?
    • Apakah kondisi keuangan anda saat ini sangat kacau dan Stress akibat hutang kartu kredit yang menumpuk?
    • Anda selalu membayar tagihan kartu kredit Anda dari uang yang seharusnya digunakan untuk tujuan lain.
    • Anda terbiasa gesek tunai????(gesek kartu kredit seolah2 belanja, padahal anda mendapat uang tunai dari tempat penyedia mesin gesek)
    • Pernahkah anda merasakan setiap hari merasa stress/terbebani oleh masalah hutang kartu kredit, bahkan saat malam sebelum tidur pun masih terbayang masalah hutang kartu kredit anda?
    • Apakah anda pernah merasakan bahwa gaji anda terkuras habis hanya untuk membayar hutang kartu kredit, bahkan minus?
    • Pernahkah anda selalu mempunyai perasaan “bersalah” karena terlilit hutang kartu kredit dan tidak lagi mempunyai kemampuan untuk membayar?
    • Apakah anda selama ini menggunakan pola back to back untuk pembayaran tagihan kartu kredit anda???? (penyedia mesin membayarkan terlebih dahulu tagihan anda, kemudian digesek lagi. Sedangkan anda tinggal bayar biaya administrasi dan charge gesek sebesar 3-4%).
    • Pernahkah anda punya perasaan “men-telantarkan” kebutuhan anak, istri/suami karena memprioritaskan gaji anda untuk membayar hutang kartu kredit anda?
    • Apakah saat ini anda melakukan “gali lubang tutup lubang” dalam membayar kartu kredit anda? ?(gesek kartu untuk bayarin tagihan kartu yang lain)
    • Terlalu Sibuk untuk bernegosiasi dengan pihak bank dalam hal penutupan kartu kredit dan di persulit?
    • Pernahkah anda merasa stress dan takut dengan dering telepon dari bank (desk call) atau bahkan dengan “debt collector” yang datang ke tempat anda untuk menagih tunggakan hutang kartu kredit anda?
    • Pernahkah Anda berpikiran/berniat untuk menjual aset anda (motor/mobil, rumah & harta lainnya) agar masalah kartu kredit anda cepat terselesaikan?
    • Atau bahkan pernahkah anda berpikiran untuk segera “mengakhiri hidup/bunuh diri” agar masalah anda ini bisa cepat terlupakan?
    • Bila Anda di-PHK atau kehilangan penghasilan, maka Anda tidak akan bisa melunasi tagihan kartu kredit Anda. Jika salah satu dari kondisi diatas mirip dengan apa yang Anda alami sekarang, maka bisa jadi keuangan Anda sedang mengalami masalah yang sangat serius.

    INFO PENTING…..!!!!!

    APABILA ANDA MENGALAMI KENDALA DAN BERMASALAH DENGAN PERBANKAN KHUSUSNYA TAGIHAN KARTU KREDIT DAN KTA……..

    KONSULTASIKAN MASALAH ANDA DAN DAPATKAN SOLUSI TERBAIKNYA……………………..
    (KANTOR KAMI LEGAL, TERPERCAYA, PROFESIONAL, BERTANGGUNGJAWAB DAN AMANAH)

    SEGERA HUB: (konsultasi gratis 24 jam)
    • Andy Kurniawan,SH (Managing Directur Mediasi Pratama)
    Telp : 031-77297000 / 0813-69790688 / 0857 3311 1988 / pin bb 21567e37
    • PUTRI (Manager Operasional Mediasi Pratama)
    031-91448788

    MEDIASI PRATAMA
    http://www.mediasipratama.co.cc
    alamat : kompleks ruko surya inti permata blok F 6-7
    jl. jemur handayani kav 50, surabaya.

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 203 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile