Kamis, 23 Oktober 2014
Home » Pilihan, Suara Buruh, Terkini » Tuntut Upah Layak, Buruh Semarang Geruduk Kantor DPRD Jateng

Tuntut Upah Layak, Buruh Semarang Geruduk Kantor DPRD Jateng

SPC, Semarang – Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Buruh Berjuang Kota Semarang berunjuk rasa menuntut penetapan upah minimum kabupaten/kota setempat tahun 2013 sebesar Rp1,2 juta.

Unjuk rasa ratusan buruh yang berlangsung di depan gedung DPRD Jawa Tengah di Semarang, Selasa, tersebut mendapat pengamanan ketat dari jajaran Kepolisian Resor Kota Besar Semarang.

Dalam unjuk rasa yang sempat menyebabkan kemacetan arus lalu lintas di sekitar Jalan Pahlawan itu sejumlah buruh terlihat membawa poster dan spanduk yang antara lain bertuliskan “Stop Penindasan Buruh”, “Jangan Menyerah Menuntut Upah Layak” dan “Tolak Upah Buruh Murah”.

Koordinator Aliansi Gerbang, Nanang Setyono mengatakan bahwa usulan UMK dari Plt Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebesar Rp1.209.100 pada tahun 2013 harus segera ditetapkan.

Menurut dia, jika usulan UMK tersebut ditetapkan maka UMK Kota Semarang 2013 mengalami kenaikan sebesar 21,95 persen dibandingkan tahun 2012.

“Para buruh siap mengawal usulan UMK Kota Semarang sebesar Rp1,2 juta sampai ditetapkan oleh pemerintah,” katanya di sela unjuk rasa.

Ia mengimbau kepada pihak-pihak terkait agar tidak terpengaruh dengan asumsi atau penyesatan dari pihak-pihak tertentu yang memiliki kepentingan agar usulan UMK Kota Semarang tersebut diturunkan.

“Jika UMK Kota Semarang tidak jadi ditetapkan sebesar Rp1,2 juta maka akan terjadi pemiskinan buruh,” ujarnya.

Setelah menyampaikan orasinya secara bergantian, beberapa perwakilan buruh melakukan audiensi dengan anggota Komisi E DPRD Jateng terkait dengan tuntutan para buruh.

Hingga berita ini ditulis, audiensi antara perwakilan para buruh dengan anggota dewan masih berlangsung. (SPC-15/Ant)

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 205 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile