Jumat, 22 Agustus 2014
Home » Pilihan, Suara Pemerintah, Terkini » Keuntungan Truk Barang via Laut: Murah, Bebas Pungli dan Macet

Keuntungan Truk Barang via Laut: Murah, Bebas Pungli dan Macet

SPC, Jakarta – Ada banyak keuntungan menggunakan jalur laut bagi truk-truk pengangkut barang atau logistik. Di antaranya, selain berbiaya lebih murah, cepat bebas pungli dan tentu saja, bebas macet.

“(Kalau lewat darat) bukan hanya pungli, ada retribusi, perda karantina. Itu kan makan waktu dan makan biaya. Kalau pakai short sea shipping nggak ada yang mungut dijalankan, nggak ada yang ngerecokin di jalan,” ungkap Deputi Menko Perekonomian Bidang Perdagangan dan Industri Edy Putra Irawady di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Senin (22/10/12).

Dengan menggunakan kapal laut, kata dia, proses pengiriman logistik jadinya lebih cepat dan lancar.

Dia menjelaskan, selisih biaya antara menggunakan jalur darat dengan jalur lauh bisa mencapai lebih 20%. Pasalnya, bila menggunakan laut, biaya di pelabuhan itu sebanyak 29 komponen. Sedangkan bila lewat darat mencapai lebih dari 40 komponen.

Meski begitu, aturan yang sedang disiapkan itu, kata dia, tidak akan bersifat wajib. Artinya, jalur laut itu tetap hanya sebagai salah alternative.

“Simple kok nggak ada larangan, silahkan anda pilih. Tapi ada kondisi bisnis yang bisa dipilih. Dengan pelabuhan lebih murah,” tandas dia.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas dan Promosi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim mengungkapkan rencana yang disebut dengan konsep coastal shipping.

Saat ini, aturan pengalihan itu sedang dipersiapan dan ditargetkan diimplementasikan, paling lama sebelum Lebaran tahun depan. (SPC-15/dtc)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 199 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile