Kamis, 23 Oktober 2014
Home » Perbankan, Pilihan, Terkini » Mandiri Genjot Investor Indonesia Timur

Mandiri Genjot Investor Indonesia Timur

Logo Bank Mandiri (Foto: IST)

SPC, JAKARTA – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan menggenjot investor dari kawasan Indonesia Timur, khususnya dari Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.

Hal ini untuk memeratakan portofolio investasi dari seluruh Indonesia.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Pahala Nugraha Mansury menjelaskan hingga saat ini peluang investasi untuk Indonesia kawasan Timur masih tergolong besar.

“Di Nusa Tenggara, kami menemukan sekitar 5-6 investor yang siap dibiayai kreditnya,” kata Pahala saat ditemui di acara Indonesia Investment Forum yang digelar Bank Mandiri di Hotel Four Seasons Jakarta, Senin (17/9/2012).

Hingga saat ini, mayoritas investor di kawasan Indonesia Timur merupakan investor di sektor perkebunan.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa dari sektor lain juga bisa mendapat kredit serupa. Khusus di Papua, perseroan juga siap menggelontorkan kredit ke sekitar 3 investor dengan nilai Rp 1 triliun.

“Untuk Maluku juga sudah cukup baik sektor korporasinya tapi memang belum signifikan. Untuk di Nusa Tenggara, jumlahnya masih di bawah Papua,” tambahnya.

Di sisi lain, Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok menjelaskan,  untuk bisnis korporasi terutama sektor perkebunan dan pertanian memang  diperlukan lahan yang cukup luas. Sehingga area di luar pulau Jawa menjadi tujuan ekspansi bisnis korporasi di sektor ini.

“Indonesia Timur itu lahannya cukup besar, luar Jawa lah. Contohnya itu perkebunan sawit, karet dan lain-lain. Dan di investment day lalu kami sudah mulai kembangkan jagung, tebu,” kata Fransisca.

Masuknya perkebunan yang menjadi salah satu pembiayaan Bank Mandiri memang sudah direncanakan untuk mendukung program pemerintah, khususnya dalam rangka swa sembada pangan. Tak heran jika akhirnya perusahaan pelat merah itu pun tengah menjajaki kerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) untuk mengembangan sektor perkebunannya.

“Kami ingin swasembada pangan dan perkebunan salah satu yang mendominasi total kredit korporasi karena portofolio perkebunan itu cukup besar,” jelasnya. (SPC-15/Kompas)

 

Berita Terkait

1 Comment for “Mandiri Genjot Investor Indonesia Timur”

  1. sudah saatnya kawasan indonesia timur digenjot pertumbuhan ekonominya

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 205 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile