Rabu, 3 September 2014
Home » Global, Pilihan, Terkini » Bill Gates Dinominasikan Raih ‘Nobel Perdamaian’ a la China

Bill Gates Dinominasikan Raih ‘Nobel Perdamaian’ a la China

Bos Microsoft Bill Gates (Foto: IST)

SPC, Beijing – China kembali akan memberikan penghargaan Confusius Peace Prize kepada beberapa nama yang dinominasikan pada tahun ini.

Acara yang digelar sebagai tandingan dari tradisi pemberian hadiah Nobel tersebut telah menominasikan beberapa nama.

Nah, beberapa nama besar sudah masuk dalam daftar. Termasuk pengusaha dan salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates.

Nama-nama lainnya adalah mantan Sekjen PBB Kofi Annan, Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra. Nama-nama itu diumumkan masuk nominasi pada minggu ini.

Tahun lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin meraih penghargaan itu. Putin dinilai berhasil meningkatkan status negaranya dan menghancurkan pasukan anti-pemerintah di Chechnya.

The China International Peace Research Center menganugerahkan penghargaan ini setiap tahun sejak tahun 2010.

Langkah ini dilakukan setelah kecewa pada panitia Nobel yang penghargaan di bidang perdamaian diberikan pada pembangkang Cina, Liu Xiaobo.

Aktivis yang juga penulis itu tengah menjalani hukuman 11 tahun penjara untuk partisipasinya menulis tentang reformasi politik.

Kemenangan Liu membuat marah pemerintah dan kaum nasionalis Cina, yang menuduh komite Nobel campur tangan dalam sistem hukum Cina sebagai bagian dari plot untuk membawa bangsa itu ke dalam kehinaan.

Lengkapnya, calon untuk peraih Confucius Peace Prize 2012 adalah mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan, penggantinya Ban Ki-moon, Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, Bill Gates, aktivis sosial Cina Wang Dingguo, Prof Tang Yijie dari Universitas Peking, Yuan Longping (peneliti padi), dan Panchen Lama ke-11.

Panchen Lama adalah pemimpin agama tertinggi kedua di Tibet setelah Dalai Lama. Namun sebagian besar warga Tibet tidak menerima dia karena diangkat oleh Beijing. (SPC-15/AP)

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 201 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile