Kamis, 18 September 2014
Home » Pilihan, Suara Pemerintah, Terkini » Perusahaan Menghindar, Karyawan Bisa Daftar Sendiri ke Jamsostek

Perusahaan Menghindar, Karyawan Bisa Daftar Sendiri ke Jamsostek

Ilustrasi pendaftaran di Jamsostek (Foto: IST)

SPC, Jakarta – Selama ini tidak sedikit perusahaan yang menghindar dari tanggungjawab mendaftarkan karyawannya sebagai peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Karyawan pun biasanya tidak berdaya karena UU mengatur bahwa yang berhak mendaftarkan itu hanya perusahaan.

Tapi, kini, mulai kemarin, itu sudah tidak berlaku lagi. Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menyebutkan, karyawan bisa mendaftarkan dirinya ke Jamsostek bila perusahaan menghindar.

Itu merupakan tafsiran baru atas UU Ketenagakerjaan pasal 4 ayat 1 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) dan pasal 13 ayat 1 UU No 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

“Pasal 4 ayat 1 tentang Jamsostek bertentangan dengan UUD 1945 jika dimaknai meniadakan hak pekerja untuk mendaftarkan diri sebagai peserta program jaminan sosial atas tanggungan perusahaan apabila perusahaan telah nyata-nyata tidak mendaftarkan pekerjanya pada penyelenggara jaminan sosial,” kata Ketua Mahfud MD membacakan putusan di gedung MK, Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Meski karyawan yang mendaftarkan dirinya ke Jamsostek, sesuai putusan itu, kewajiban perusahaan terkait asuransi tersebut tetap berlaku. Jadi, mulai kini, tidak ada lagi perusahaan yang bisa menghindarkan diri dari kewajiban mengasuransikan karyawannya di Jamsostek. (SPC-15)

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Archives

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.

Join 202 other subscribers

© 2014 SuaraPengusaha.Com. All Rights Reserved | Pindah ke Situs Mobile